Rabu, 20 November 2013

Herbal Untuk Lele

1. Mengkudu

Khasiat mengkudu bagi "si kumis" adalah dapat mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri aeromonas hydrophila. Siapkan 1-2 buah mengkudu matan, 15 lembar daun pahit-pahitan, dan antibiotik enrofloxacin sebanyak 1/3 sendok teh. Tumbuk mengkudu sampai halus dan rebuslah daun pahit-pahitan samapai mendidih, lalu ambil airnya. Campurlah bahan tersebut ke dalam 3 kg pakan, lalu aduk hingga rata sekita 3-5 menit. Herbal siap diberikan ke ikan yang sakit.

2. Bawang Putih

Khasiat bawang putih bagi "si kumis" adalah meningkatkan nafsu makannya. Penggunaannya cukup mudah. siapkan 1 bonggol. Bawang putih ditumbuk sampai halus, kemudian diambil airnya. Aplikasinya, cukup percikan air bawang putih tersebut ke kolam. Satu bonggol bawang putih dapat digunakan untuk kolam dengan luas 8 m2.

3. Daun Pepaya

Stamina lele kerap menurun saat terkena curahan air hujan yang berlebih. akibatnya, ikan malas makan dan bergerak. Untuk menghindari hal itu, berikan campuran 60 g garam dan cacahan 2-3 lembar daun pepaya sesaat setelah hujan. Cara membuatnya, aduklah kedua bahan itu dalam seember air (5 liter air), lalu tuangkan kek kolam seluas 1 m2. Dengan cara seperti itu, stamina lele selalu prima.

4. Jahe

Saat musim hujan, biasanya bibit lele berumur 3-4 minggu kerap mendongak tanda terserang kembung. Penyakit ini menjadi masalah yang cukup serius bagi pembenih karena dapat mengakibatkan kematian bibit hingga 80%. Ekstrak jahe dapat diberikan agar bibit lele terhindar dari penyakit kembung. Cara membuatnya, parut jahe sebanyak 10 gram dan campur dengan air. Kemudian, tebarkan larutan di dalam kolam seluas 1-2 m2. Dengan cara itu, bibit lele lebih tahan penyakit dan kematian pun dapat ditekan.

SELAMAT MENCOBA....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar